Catatan & Puisi

Dangkal

gambar http://wezandtreshawallace.com

Sepertinya saya butuh sesuatu landasan/dasar untuk bagaimana melihat realitas. Apa itu objektifitas, mengasah rasionalitas dll. Soalnya, ditengah derasnya paham-paham yang menancapkan dirinya ke muka bumi ini, landasan itu dibutuhkan agar kita bisa memberikan nilai kepada suatu ajaran itu. Nilai apapun.

Saya sendiri masih memiliki kemiskinan ilmu dalam semuanya. Bagaimana tidak, belum juga selesai satu bacaan, langsung lagi pindah. Pindah-pindah terus. Akirnya, seperti dalam status FB saya sebelumnya, "hanya kedangakalan semata yang diperoleh."

Selain akal, logika, persoalan rasionalitas serta objektivitas, pemberian nilai terhadap sesuatu hal itu juga perlu. Saya rasa ini lebih keranah bijak atau tidaknya suatu ajaran, argumentasi, sesuatu hal itu. Parameternya apa?

Itu yang saya tidak ketahui. Makanya, diantara beberapa ideologi, saya cenderung tidak mempunyai sikap dan landasan yang jelas terkait itu.
Apakah saya harus mulai mengkaji soal logika? premis serta silogisme?

Yah, semuanya berakar dari filsafat logika. Tapi, kalau saya setiap hari mengkaji itu, saya akan ketinggalan informasi. Aduh. Bingung jadinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.