Catatan & Puisi

Aku, Sejarah dan 65'

https://rizkiaffiat.files.wordpress.com/2009/12/1965.gif?w=231&h=300

Aku tak berada dimasa itu
Masa kelam pengeksekusian jutaan rakyat Indonesia
Aku bahkan entah dimana
Mungkin masih di dunia lain

Aku tahu Peristiwa 65' itu ketika duduk di bangku SMP
Para jendral katanya dibunuh dan ditemukan di lubang buaya

Partai Komunis Indonesia tersangkanya.
Begitu kata guru sejarahku menerangkan.

Aku percaya saja, toh sejarah kala itu bukanlah mata pelajaran favoritku
Aku nerimo saja apa kata guru dan teks dalam buku sejarah itu

Image Militer sebagai pahlawan dimasa 65'-66' pun aku tak menolak
Toh sejarah bukan mata pelajaran kesukaanku

Toh aku berpikiran kala itu aku hanya harus memperhatikan kata guru dan teksbook
Itulah kebenaran pengetahuan yang aku yakini

Baru saja setelah beranjak dewasa, aku menemukan sejarah "baru"
Peristiwa 65' bukan hanya terkait jenderal yang mati

Tapi, jutaan rakyat juga dimatikan
Diculik, dipenjarakan
Diperkosa
Dan segala yang perilaku yang jauh dari arti kemanusiaan

Baru aku sadari, sejarah ternyata bisa dimainkan oleh penguasa
Sejarah diputarbalikkan sesuai keinginan sang "Tiran"

Baru aku sadari juga, sejarah itu penting untuk dipelajari.
Sejarah penting untuk dikaji.
Agar penguasa tak sewenang-wenang mempermainkan sejarah 

5 komentar:

  1. Wuih keren nih cara nulisnya. Anyway, baru pertama kali main kesini nih. Salam kenal ya. \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. hha jdi malu dipuji cwek cantik nih... aku baru blogger pemula... slm kenal juga ya

      Hapus

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.