Catatan & Puisi

,

Pramoedya Ananta Toer

gambar klik disini

Aku tidak terlalu mengenalmu bung
Dimasa-masa studi pun guru Bahasa Indonesiaku tak pernah menyebutkanmu
Entah kenapa
Entah kenapa karya-karyamu tidak menjadi referensi anak sekolahan

Aku baru mengenal karyamu ketika terjun menjadi aktivis mahasiswa
Karyamu adalah wujud ketekunanmu terhadap pembelaan Indonesia
Engkau membela wong cilik
Engkau juga benci dengan kebudayaan yang bersifat diskriminasi gender
 
Pembelaanmu dicap subversif oleh Orde Baru
Karya-karyamu dilarang
Hanya untuk "mensucikan Rezim Otoriter tersebut
Rezim diktator yang culas

Kau mungkin tak setenar Chairil Anwar
Ah, orang-orang cuma tahu dia
Tapi tak mengenalmu
Beruntung aku membaca karya-karyamu, bung !

2 komentar:

  1. Gue juga kagum sama beliau mas. Heran juga kenapa dulu nggak dikenalin sama guru-guru ya, sayang banget.

    BalasHapus
  2. Gue juga kagum sama beliau mas. Heran juga kenapa dulu nggak dikenalin sama guru-guru ya, sayang banget.

    BalasHapus

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.