Catatan & Puisi

Pengagum Rahasia Marx

Marx cartoon (gambar klik disini)


Aku pertama kali mengenal pria tua berjenggot tebal itu saat masih kelas 1 SMA
Aku mengetahuinya dari guru Sosiologiku
dan buku sosiologi
Ia adalah Karl Marx

Saat itu aku bukan pembaca yang baik
Sosiologi dan ekonomi kurendahkan
Aku tidak mementingkan itu
Karena keinginanku adalah ingin masuk IPA, bukan IPS

Praktis, setelah aku berhasil masuk IPA, kajian sosial tidak kusentuh
Marx terlupakan
Marx hilang
Marx berlalu begitu saja

Di kelas IPA, aku tak kunjung membaik juga
Aku tak berprestasi
Ilmu alam membuatku malas membaca
Hanya berkutat dengan formulasi Newton, Pascal, Bohr, dll

Sampai kemudian aku kuliah, 
Menjadi Aktivis Mahasiswa memaksaku untuk mengkonsumsi "kajian kiri"
Siapa lagi kalau bukan Marx, "Filsuf sekaligus Anti-filsuf yang diagung-agungkan"
Lama kelamaan kajian tentang Marxisme membuatku tertarik

Sistem kapitalis dan masyarakat kapitalis saat ini banyak menimbulkan pro kontra
Marx sebenarnya sudah mengkritik habis-habisan soal Kapitalisme
1867 dia sudah mengeluarkan buku ilmiahnya tentang Kapital (modal)
Segala penjelasan kontradiksi kapital berada disana 

Aku belum sempat membacanya
Buku 3 jilid itu pasti akan membuatku muntah
Aku bisa dibilang "pengagum rahasia Marx"
Marxisme adalah hal baru yang ingin kupelajari

Ketertarikanku karena sisi Humanis dari pandangan Marx
Kesetaraan; prinsip kerjasama; menghapuskan kepemilikan pribadi;
Masyarakat tanpa kelas; penghapusan eksploitasi buruh;
Itu semua membuatku tertarik, walaupun ajaran Humanisme yang lain masih bejibun

Toh, aku bukanlah pembaca yang baik
Aku masih belum tau banyak tentang si pak tua yang brewoknya tebal itu
Aku bingung mau mempelajari dari mana
Masih banyak yang harus dibaca



2 komentar:

  1. Marx kalau diliet-liet mirip Adam Levine ya. Ada brewoknya. *salah fokus*
    Lagi-lagi, tulisannya kereeennn. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga punya brewok,, terinspirasi Levine dan Marx.. haha #BrewokIsGentle

      Hapus

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.